0
Your Cart

Efek Positif Dari Mendengarkan Musik

Jika Anda sedang mencari cara praktis untuk mengubah suasana hati Anda, ikuti musiknya. Penelitian telah memberikan bahwa musik bisa menaikkan suasana hati Anda serta menangkis depresi. Ini juga dapat mempertinggi sirkulasi darah dengan cara yang seperti menggunakan statin, menurunkan kadar hormon terkait stres mirip kortisol serta mengurangi rasa sakit. Mendengarkan musik sebelum operasi bahkan dapat menaikkan akibat pasca operasi.

Bagaimana musik bisa begitu baik? Musik sepertinya “secara selektif mengaktifkan” sistem neurokimia dan struktur otak yang terkait dengan suasana hati yg positif, regulasi emosi, perhatian serta memori menggunakan cara yg mempromosikan perubahan yang menguntungkan, kata Kim Innes, seseorang profesor epidemiologi pada Sekolah Kesehatan masyarakat Universitas Virginia Barat.

Musik Bisa Mengurangi Stres

sudah usang disarankan bahwa musik dapat membantu mengurangi atau mengelola stres. Pertimbangkan tren yg berpusat pada musik meditatif yang diciptakan buat menenangkan pikiran serta mendorong relaksasi. Untungnya, ini adalah keliru satu tren yg didukung oleh penelitian. Mendengarkan musik bisa menjadi cara yang efektif buat mengatasi stres.

Pada satu studi tahun 2013, peserta merogoh bagian dalam salah satu dari tiga syarat sebelum terpapar stresor dan lalu mengikuti tes stres psikososial. Beberapa peserta mendengarkan musik santai, yg lain mendengarkan bunyi gemericik air, dan sisanya tidak menerima rangsangan telinga. Hasilnya memberikan bahwa mendengarkan musik berdampak di respons stres insan, terutama sistem saraf otonom. Mereka yang mendengar musik cenderung pulih lebih cepat setelah stres.

Musik Bisa Membantu Mengatasi Rasa Sakit

Penelitian telah membagikan bahwa musik dapat sangat membantu pada pengelolaan rasa sakit. Satu studi pasien fibromyalgia menemukan bahwa mereka yg mendengarkan musik hanya satu jam sehari mengalami pengurangan rasa sakit yang signifikan dibandingkan dengan mereka yg berada pada gerombolan kontrol.

pada akhir masa studi empat minggu, peserta yang mendengarkan musik setiap hari mengalami penurunan yg signifikan obat kuat pada perasaan sakit serta depresi. yang akan terjadi tersebut memberikan bahwa terapi musik mampu menjadi indera penting dalam pengobatan nyeri kronis.

Musik Bisa Menaikkan Mood

Manfaat lain asal musik yang didukung sang ilmu pengetahuan ialah bahwa musik dapat menghasilkan Anda lebih senang. dalam satu pemeriksaan alasan mengapa orang mendengarkan musik, peneliti menemukan bahwa musik memainkan kiprah penting pada berafiliasi gairah serta suasana hati. Peserta menilai kemampuan musik buat membantu mereka mencapai suasana hati yg lebih baik serta menjadi lebih sadar diri menjadi 2 fungsi musik yang paling krusial.

Studi lain menemukan bahwa dengan sengaja mencoba menaikkan suasana hati dengan mendengarkan musik positif bisa berdampak pada 2 minggu. Peserta diinstruksikan buat secara sengaja berusaha memperbaiki suasana hati mereka dengan mendengarkan musik positif setiap hari selama 2 minggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *