0
Your Cart

Fungsi Dari Sebuah Hiburan

Sebuah fungsi dari komunikasi interpersonal dan massa di mana pengirim berusaha untuk menyenangkan dan penerima diharapkan untuk menikmati. Bagi Schramm, hiburan adalah salah satu fungsi utama komunikasi dari sudut pandang individu (yang lain menyebutnya sebagai fungsi pengalihan), dan juga dilihat secara sosial (lihat juga fungsi sosial). Dalam kaitannya dengan komunikasi massa, hiburan dapat dilihat sebagai fungsi penggunaan media (lihat juga fungsi media): secara luas terdaftar sebagai salah satu kegunaan dan kepuasan penggunaan media bagi pengguna. Salah satu tujuan media massa adalah untuk menghibur dari berita maheshwarisadan, sedangkan tujuan individu yang terkait meliputi kesenangan, relaksasi (lihat juga katarsis), dan pelarian.

Tidak seperti fungsi lainnya, catat Schramm, hiburan membutuhkan ‘penghentian ketidakpercayaan’ tertentu. Bagi sekolah Frankfurt, ini mirip dengan kepasifan politik, dan Adorno berpendapat bahwa fungsi sebenarnya dari hiburan media massa adalah untuk menundukkan kelas pekerja. Dari perspektif lain, fungsi hiburan dapat dilihat analog dengan fungsi estetika (lihat kode estetika) yang ditampilkan dalam framing lain dari fungsi komunikatif, sebuah analogi yang mengabaikan perbedaan antara budaya tinggi dan budaya populer.

Hiburan

“Hiburan umum” dialihkan ke sini. Untuk format saluran televisi, lihat Saluran Generalis. Untuk kegunaan lain, lihat Hiburan (disambiguasi).

Hiburan adalah suatu bentuk kegiatan yang menarik perhatian dan minat penonton atau memberikan kesenangan dan kesenangan. Ini bisa berupa ide atau tugas, tetapi lebih cenderung menjadi salah satu kegiatan atau peristiwa yang telah berkembang selama ribuan tahun khusus untuk tujuan menjaga perhatian audiens.

Meskipun perhatian orang dipegang oleh hal-hal yang berbeda karena individu memiliki preferensi yang berbeda, sebagian besar bentuk hiburan dapat dikenali dan akrab. Mendongeng, musik, drama, tarian, dan berbagai jenis pertunjukan ada di semua budaya, didukung di istana, berkembang menjadi bentuk yang canggih dan seiring waktu menjadi tersedia untuk semua warga negara. Prosesnya telah dipercepat di zaman modern oleh industri hiburan yang merekam dan menjual produk hiburan.

Hiburan berkembang dan dapat disesuaikan dengan skala apa pun, mulai dari individu yang memilih hiburan pribadi dari rangkaian produk pra-rekaman yang sekarang sangat banyak; untuk perjamuan yang disesuaikan untuk dua orang; untuk berbagai ukuran atau jenis pesta, dengan musik dan tarian yang sesuai; untuk pertunjukan yang ditujukan untuk ribuan orang; dan bahkan untuk audiens global.

Pengalaman dihibur menjadi sangat terkait dengan hiburan, sehingga satu pemahaman umum tentang ide tersebut adalah kesenangan dan tawa, meskipun banyak hiburan memiliki tujuan yang serius. Hal ini mungkin terjadi dalam berbagai bentuk upacara, perayaan, festival keagamaan, atau sindiran misalnya. Oleh karena itu, ada kemungkinan bahwa apa yang tampak sebagai hiburan juga dapat menjadi sarana untuk mencapai wawasan atau pertumbuhan intelektual.

Aspek penting dari hiburan adalah penonton, yang mengubah rekreasi pribadi atau kegiatan waktu luang menjadi hiburan. Penonton mungkin memiliki peran pasif, seperti dalam kasus orang yang menonton drama, opera, acara televisi, atau film; atau peran penonton mungkin aktif, seperti dalam kasus permainan, di mana peran peserta/penonton dapat dibalik secara rutin.

Hiburan dapat bersifat publik atau pribadi, yang melibatkan pertunjukan formal dan tertulis, seperti dalam kasus teater atau konser; atau tanpa naskah dan spontan, seperti dalam kasus permainan anak-anak. Sebagian besar bentuk hiburan telah bertahan selama berabad-abad, berkembang karena perubahan budaya, teknologi, dan mode misalnya dengan sulap panggung. Film dan video game, misalnya, meski menggunakan media yang lebih baru, tetap bercerita, menyajikan drama, dan bermain musik. Festival yang dikhususkan untuk musik, film, atau tarian memungkinkan penonton dihibur selama beberapa hari berturut-turut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *